iB Pembiayaan Pola Channeling


Definisi

Ruang Lingkup Pembiayaan iB Pola Channeling Bank Syariah Bukopin, yaitu meliputi :

  1. Pembiayaan iB Mobil Pola Channeling melalui Multifinance adalah pembiayaan pemilikan kendaraan kepada end user yang dilakukan melalui perusahaan Multifinance yang dapat dilakukan secara pembiayaan bersama (joint financing) atau pembiayaan penuh (full financing).
  2. Pembiayaan kepada Pensiunan Pola Channeling melalui Koperasi adalah pembiayaan yang diberikan Bank Syariah Bukopin kepada pensiunan atau Janda/Duda (karena penerima pensiun meninggal) yang menerima uang pensiun secara rutin setiap bulannya yang dilakukan melalui koperasi. Pensiunan dimaksud meliputi Pensiunan PNS, TNI/POLRI yang mendapatkan uang pensiun dari Negara.

Akad

Akad pembiayaan yang digunakan adalah Murabahah, yaitu akad jual-beli barang sebesar harga pokok barang ditambah dengan margin keuntungan yang disepakati dan / atau menggunakan akad pembiayaan lainnya yang sesuai syariah.

Manfaat

  • Pembiayaan iB Mobil Pola Channeling melalui Multifinance dapat memberikan kemudahan bagi Nasabah untuk memiliki mobil dengan pembayaran secara cicilan.
  • Tujuan Pembiayaan kepada Pensiunan Pola Channeling adalah untuk kepemilikan asset bergerak maupun tidak bergerak maupun keperluan lainnya sesuai ketentuan pembiayaan Bank Syariah Bukopin.

Fitur

  • Karena kerjasama ini memiliki dampak positif bagi kedua belah pihak, baik bagi Bank Syariah Bukopin maupun Multifinance/Koperasi, sehingga diperjanjikan pemberian insentif berupa selisih margin, pembagian / penentuan komisi, biaya administrasi dan lain-lain.
  • Penyediaan dana kepada end user melalui Multifinance/Koperasi dapat diberikan selama jangka waktu penarikan (availability period) yang diberikan maksimum 1 (satu) tahun sejak tanggal Perjanjian Kerjasama.

Syarat dan Ketentuan

1. Pembiayaan Mobil Pola Channeling melalui Multifinance.

  • Ketentuan pembiayaan kepada end user mengacu pada Kebijakan Pembiayaan Bank Syariah Bukopin sesuai kriteria yang disepakati bersama antara Multifinance dan Bank Syariah Bukopin.
  • Ketentuan pembiayaan kepada end user yang meliputi kriteria end user, jenis kendaraan, jangka waktu pembiayaan, penutupan asuransi, maksimum pembiayaan per kendaraan, dan ketentuan lain mengacu kepada  Kebijakan Pembiayaan Bank Syariah Bukopin dan/atau sesuai kriteria yang disepakati bersama antara Multifinance dan Bank Syariah Bukopin.
  • Selambat-lambatnya  1  (satu)  tahun  sejak  tanggal  Perjanjian  Kerjasama, AO  harus  melakukan  review  (annual  review)  atas  kerjasama  tersebut, dimana hal yang harus diperhatikan dalam annual  review  tersebut antara lain  penggunaan  plafond,  pemenuhan  syarat  pembiayaan,  dan  jaminan serta kewajiban-kewajiban lainnya.

2. Pembiayaan kepada Pensiunan Pola Channeling melalui Koperasi.

  • Jangka waktu pembiayaan minimum 1 tahun dan maksimal 15 tahun dengan ketentuan usia maksimum pada saat pembiayaan lunas adalah 75 tahun.
  • Plafond Rp.1 juta sampai dengan Rp. 200 juta.
  • Angsuran maksimum 95% dari uang pensiun bersih yang diterima per bulan.
  • Jaminan untuk fasilitas pembiayaan ini yaitu, SK Pensiun (asli), Kuasa Pemotongan Gaji dan Asuransi Jiwa Pembiayaan.