SMS Banking


SMS Banking BSB merupakan layanan informasi dan transaksi perbankan yang dapat diakses langsung oleh nasabah melalui telepon seluler/handphone dengan menggunakan media Short Message Service (SMS).

SMS Banking BSB digunakan melalui SIM Card/Nomor telepon selular dari operator tertentu.

Manfaat

  • Kemudahan transaksi perbankan dan pembayaran tagihan
  • Praktis dan efisien
  • Dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja
  • Untuk transaksi financial dilengkapi dengan pengamanan berupa PIN SMS Banking (6 digit)

Fitur

  1. Layanan Perbankan
  • Cek Saldo
  • Informasi Transaksi (5 transaksi terakhir)
  • Pemindahbukuan dan Fund Transfer (Transfer antar Bank)
  1. Layanan Informasi dan Pembayaran
  • PLN
  • Jasa Telekomunikasi (Telkom, Telkomsel, Indosat, XL, dan Smartfren)
  • PALYJA Aetra/TPJ.
  • Voucher Pulsa (Telkomsel, Indosat, XL, dan Smartfren)
  • Kartu kredit (Bank Bukopin, BNI, HSBC,ANZ)
  1. Layanan Tambahan
  • Ubah PIN SMS Banking
  • Info Kode Bank

Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk keamanan transaksi

  • Mengganti PIN SMS Banking secara berkala
  • Nasabah wajib mengamankan PIN SMS Banking untuk transaksi SMS Banking
  • Apabila SIM Card GSM anda hilang/dicuri/dipindahtangankan kepada pihak lain segera beritahukan Customer Service atau telpon ke Halo BSB (021-1500666) untuk dilakukan pemblokiran.
  • Menjaga kerahasiaan informasi pribadi Anda dengan tidak memberitahukan nomor PIN SMS Banking kepada siapapun

Registrasi SMS Banking BSB

  • Mendaftarkan nomor ponsel yang digunakan untuk SMS Banking BSB melalui Customer Service.
  • Melakukan registrasi layanan SMS Banking BSB melalui mesin ATM Bank Syariah Bukopin/ATM Bank Bukopin.
  • Membuat PIN SMS Banking di mesin ATM Bank Syariah Bukopin/ATM Bank Bukopin.
  • Melakukan transaksi melalui SMS Banking dengan menggunakan PIN yang sudah dibuat.

Biaya-Biaya

Biaya kirim dan reply SMS tergantung dari operator selular yang digunakan.

Limit Transaksi :

  • Batas limit saldo minimal setelah transaksi adalah Rp35.000,-
  • Limit Transaksi pemindahbukuan/Fund Transfer per hari maksimal Rp25.000.000 dengan minimal per transaksi Rp10.000 dan maksimal per transaksi Rp10.000.000

 

Syarat dan Ketentuan

  1. Persyaratan Registrasi SMS Banking
    1. Memiliki rekening Tabungan iB SiAga, iB SiAga Bisnis atau Giro iB di Bank;
    2. Memiliki kartu ATM Bank Syariah Bukopin;
    3. Memiliki SIM Card/No telepon selular dari operator selular tertentu;
    4. Mengisi dan menandatangani Formulir Permohonan Layanan SMS Banking;
    5. Menyerahkan copy bukti identitas diri yang sah (KTP/SIM) dan menunjukkan aslinya.
  2. Ketentuan Registrasi Nomor Ponsel & PIN SMS Banking BSB
    1. Pendaftaran nomor posel yang akan digunakan untuk SMS Banking BSB dapat dilakukan melalui Customer Service
    2. Nomor ponsel yang akan digunakan untuk SMS Banking harus sama dengan nomor ponsel yang terdaftar di rekening.
    3. Nasabah melakukan registrasi SMS Banking melalui mesin ATM Syariah Bank Bukopin/ATM Bank Bukopin dengan menggunakan kartu ATM Bank Syariah Bukopin.
    4. Nasabah membuat nomor PIN SMS Banking BSB pada mesin ATM Bank Syariah Bukopin/ Bank Bukopin.
    5. Setelah registrasi dan pembuatan PIN sukses dilakukan, layanan SMS Banking secara otomatis akan aktif.
  3. Ketentuan Penggunaan SMS Banking
    1.   Rekening yang dapat diakses melalui SMS Banking BSB adalah rekening yang terhubung dengan kartu ATM Bank Syariah Bukopin yang digunakan untuk registrasi SMS Banking BSB.
    2.   Layanan SMS Banking BSB dapat digunakan untuk melakukan transaksi finansial dan non finansial yang telah ditentukan oleh Bank.
    3.   Informasi yang dapat diakses melalui SMS Banking BSB mengenai rekening yang terhubung dengan Kartu ATM SiAga Syariah Bukopin yang digunakan untuk registrasi SMS Banking
    4.   Pengguna dapat memanfaatkan layanan SMS Banking BSB untuk mendapatkan informasi perbankan yang telah ditentukan oleh Bank, dengan cara mengirimkan perintah/instruksi tertentu secara benar dan lengkap ke dalam aplikasi SMS Banking BSB.
    5.   Perintah/instruksi yang dikirim melalui SMS Banking BSB hanya dapat dilakukan melalui nomor telepon selular yang telah diregister.
    6.   Pengguna wajib memastikan ketepatan dan kelengkapan perintah/instruksi transaksi dan/atau kebenaran menu perintah transaksi yang dipilih (termasuk memastikan bahwa semua data yang diperlukan untuk transaksi telah diisi secara lengkap dan benar) sesuai format dan/atau menu perintah yang telah ditentukan oleh Bank.
    7.   Apabila telah diyakini kebenaran dan kelengkapan data yang diisi, sebagai tanda persetujuan pelaksanaan transaksi finansial maka pengguna wajib memasukkan PIN SMS Banking BSB sesuai yang diminta oleh Bank.
    8.   Segala transaksi yang telah diperintahkan kepada Bank dan disetujui oleh pengguna melalui SMS Banking BSB tidak dapat dibatalkan.
    9.   Setiap perintah/instruksi yang telah disetujui oleh pengguna yang tersimpan pada pusat data Bank merupakan data yang benar dan merupakan bukti perintah/instruksi dari pengguna kepada Bank untuk melakukan transaksi yang dikehendaki.
    10.   Bank menerima dan menjalankan setiap perintah/instruksi dari pengguna sebagai perintah yang sah berdasarkan penggunaan nomor telepon selular dan PIN SMS Banking BSB atau faktor otentikasi lainnya yang ditentukan oleh Bank.
    11.   Bank tidak mempunyai kewajiban untuk meneliti atau menyelidiki keaslian maupun keabsahan atau kewenangan penggunaan telepon selular dan PIN SMS Banking BSB atau faktor otentikasi lainnya yang ditentukan oleh Bank atau menilai maupun membuktikan ketepatan maupun kelengkapan perintah/instruksi yang dimaksud.
    12.   Sebagai bukti bahwa transaksi yang diperintahkan oleh pengguna telah berhasil dilakukan oleh Bank, pengguna akan mendapatkan informasi berupa nomor referensi transaksi pada setiap akhir transaksi yang akan tersimpan di dalam inbox SMS, dengan ketentuan :
  1.  sepanjang inbox/kotak masuk pesan ponsel pengguna tidak penuh dan atau media lainnya yang disediakan oleh Bank;
  2. tidak ada gangguan jaringan komunikasi dari operator selular.
  1. Bank berhak tidak melaksanakan perintah/instruksi yang terkait dengan transaksi finansial dari pengguna, apabila :
  1. saldo rekening pengguna di Bank tidak mencukupi.
  2. terdapat indikasi adanya penipuan atau aksi kejahatan lainnya.
  1. Bukti atas perintah/instruksi dari Pengguna kepada Bank dan segala bentuk komunikasi antara Bank dan Pengguna yang ditransmisi secara elektronik, baik yang berupa dokumen tertulis, catatan komputer, tape/cartridge, print out komputer dan/atau salinan atau bentuk penyimpanan informasi atau data lain, merupakan alat bukti yang sah atas transaksi-transaksi perbankan melalui SMS Banking BSB.
  2.   Dengan melakukan transaksi melalui SMS Banking BSB, semua komunikasi dan perintah/instruksi dari Pengguna yang diterima oleh Bank akan diperlakukan sebagai alat bukti yang sah meskipun tidak dibuat dokumen tertulis ataupun dikeluarkan dokumen yang ditandatangani.

D. Ketentuan PIN SMS Banking BSB

  1. PIN SMS Banking BSB merupakan kode yang bersifat rahasia yang kewenangan penggunaannya dan tanggung jawab kerahasiaannya ada pada Nasabah.
  2. PIN SMS Banking BSB hanya boleh digunakan oleh Nasabah yang bersangkutan.
  3. Apabila SIM Card Nasabah hilang/dicuri/dipindahtangankan kepada pihak lain, Nasabah wajib memberitahukan kepada kantor cabang Bank terdekat atau telepon ke Halo BSB untuk memblokir/menutup layanan SMS Banking BSB. Segala perintah, transaksi dan komunikasi oleh pihak yang tidak berwenang berdasarkan penggunaan nomor telepon selular dan PIN SMS Banking BSB yang terjadi sebelum diterimanya pemberitahuan oleh pejabat Bank yang berwenang, maka menjadi tanggung jawab Nasabah.

E. Ketentuan Pemblokiran dan Pengakhiran SMS Banking BSB

Akses layanan SMS Banking BSB akan diberhentikan oleh Bank untuk sementara waktu atau secara permanen yang antara lain, disebabkan oleh :

  • Atas permintaan sendiri oleh Nasabah secara tertulis.
  • Nasabah mengganti kartu ATM Bank Syariah Bukopin atau nomor ponsel dan hal tersebut telah diberitahukan kepada Bank.
  • Nasabah menutup semua rekening yang terhubung dengan kartu ATM Bank Syariah Bukopin.
  • Nasabah salah memasukkan PIN SMS Banking BSB sebanyak tiga kali berturut-turut.
  • Operator Selular mengakhiri nomor telepon selular Nasabah.
  • Nomor ponsel diganti/hilang/dicuri/dipindahtangankan kepada pihak lain dan hal tersebut telah diberitahukan kepada Bank.
  • Untuk melakukan aktivasi kembali karena penghentian akses layanan tersebut di atas, nasabah harus menghubungi Bank dan membawa KTP asli dan Buku Tabungan, kemudian melakukan registrasi ulang SMS Banking BSB di ATM Bank Syariah Bukopin/ATM Bank Bukopin.