Inkaso


Definisi

Inkaso iB atau Collection adalah suatu cara penagihan dengan cara mengirimkan dokumen kepada Bank dengan maksud mendapatkan pembayaran atau akseptasi atau berdasarkan syarat-syarat lainnya. Jenis Inkaso iB ada 2 yaitu Clean Collection dan Documentary Collection, yaitu :

  1. Clean Collection adalah suatu cara penagihan dengan cara hanya mengirimkan dokumen finansial kepada Bank dengan maksud mendapatkan pembayaran atau akseptasi tanpa mensyaratkan dokumen-dokumen lainnya.
  2. Documentary Collection adalah suatu cara penagihan yang dilengkapi dengan cara mengirimkan dokumen finansial dan dokumen komersial kepada Bank dengan maksud mendapatkan pembayaran atau akseptasi.

Akad

Penyelenggaran Inkaso iB adalah Wakalah Al-Muqayyadah dimana Nasabah memberikan kuasa terbatas kepada Bank untuk mewakili Nasabah melakukan perkerjaan atau urusan tertentu (melakukan transfer dana sesuai permohonan Nasabah). Atas pemberian jasa penagihan tersebut, Bank mendapat imbalan berupa upah (ujrah) dari Nasabah.

Ketentuan

  • Mengisi formulir permohonan/slip.
  • Inkaso Masuk / Inward Clean Collection dimana Bank bertindak sebagai collecting bank atas dokumen-dokumen finansial yang diterima dari remitting bank untuk ditagihkan ke drawee.
  • Inkasso Keluar / Outward Clean Collection dimana Bank bertindak sebagai remitting bank atas dokumen-dokumen finansial yang diserahkan drawer untuk ditagihkan kepada drawee melalui collecting bank.
  • Transaksi Inkaso keluar hanya akan dilakukan apabila drawer telah mengisi formulir permohonan outward clean collection secara lengkap dan ditandatangani sebagai tanda persetujuannya atas semua ketentuan yang berlaku.
  • Jasa penagihan warkat keluar dapat diberikan Bank Syariah Bukopin kepada Nasabah debitur maupun non debitur, warkat-warkat yang dapat diterima untuk ditagihkan adalah Cheque dan Bank Draft.
  • Jenis Inkaso yang dilayani Bank Syariah Bukopin hanya Inkaso yang pembayarannya dilakukan setelah diterimanya hasil Inkaso dari collecting bank.